Cara Menanam Lidah Buaya yang Baik dan Benar

Cara menanam lidah buaya tidaklah susah dan bisa dibilang sangat mudah. Anda dapat menanamnya di rumah dalam pot, polybag atau media lain yang terdapat di sekitar rumah. Tanaman lidah buaya dapat kita jadikan sebagai tanaman hias sekaligus sebagai tanaman herbal karena manfaat lidah buaya dapat digunakan untuk mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan maupun untuk kecantikan.

Ada banyak sekali khasiat lidah buaya yang bisa kita dapatkan seperti menyembuhkan luka, mengurangi jerawat, mengurangi kerutan wajah, dan juga bisa dijadikan jus untuk diet dan detoks. Jadi sangat rugi jika Anda tidak memiliki tanaman ini dirumah. Lantas bagaimana cara menanamnya? Simak ulasan di bawah ini seperti yang dikutip dari vemale.com.

Cara Menanam Lidah Buaya


Cara Menanam Lidah Buaya
image:gardenofeaden.blogspot.com

Hal pertama yang harus Anda persiapkan adalah bakal tanaman lidah buaya. Anda dapat membelinya pada penjual tanaman yang banyak terdapat di sekitar Anda berupa biji. Namun Anda juga dapat memotong bagian daun lidah buaya untuk ditanam sehingga lebih menghemat pengeluaran. Setelah bakal tanaman sudah siap, Anda dapat mengikuti step by step di bawah ini:
  • Siapkan pot khusus yang telah diisi dengan tanah. Media terbaik untuk menanam lidah buaya adalah tanah pasir kering yang juga bisa Anda campur dengan perlite, granit, grit, dan arang. Jangan lupa juga untuk melubangi bagian bawah pot agar air bisa mengalir. 
  • Kemudian masukkan bakal tanaman lidah buaya ke dalam tanah pada pot.
  • Jika Anda menggunakan potongan lidah buaya, maka Anda hanya cukup mengubur separuhnya saja. Namun Anda harus sedikit bersabar karena tanaman baru dapat tumbuh menjadi tanaman baru setelah beberapa minggu atau bahkan bulan. Namun jika Anda menggunakan biji, maka dalam waktu kurang lebih dua minggu sudah dapat tumbuh menjadi tanaman baru.
  • Untuk perawatan, Anda dapat menyirami tanaman ini setiap hari setelah tumbuh. Namun jangan memberikan air yang terlalu banyak karena dapat membuat akar menjadi busuk. Bahkan tidak menjadi masalah jika Anda lupa tidak menyirami tanaman lidah buaya selama seminggu.
  • Untuk mempercepat pertumbuhan tanaman lidah buaya, Anda dapat menggunakan pupuk.
Untuk pemanenannya, sebaiknya Anda memetik daun pada bagian yang paling bawah. Karena daun pada bagian bawah merupakan salah satu bagian yang sangat berpotensi. Cukup mudah dan tidak sulit bukan? Selamat mencoba!