Manfaat Lidah Buaya Untuk Radang Tenggorokan

Manfaat lidah buaya untuk radang tenggorokan berikut ini merupakan salah satu manfaat lidah buaya untuk kesehatan yang dapat membantu Anda secara alami. Tidak hanya untuk kecantikan saja, ternyata tanaman lidah buaya juga sangat efektif untuk penyembuhan berbagai macam penyakit khususnya adalah radang tenggorokan. Tentu saja sangat mengganggu jika tiba-tiba radang tenggorokan datang menyerang. Aktivitas Anda menjadi tidak lancar apalagi jika aktivitas pekerjaan Anda membutuhkan suara yang prima. Karena radang tenggorokan juga dapat menyebabkan suara Anda menjadi hilang karena inflamasi atau iritasi pada pita suara.

Radang tenggorokan atau faringitis merupakan penyakit peradangan yang menyerang tenggorokan atau hulu tenggorokan. Radang tenggorokan biasanya disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri seperti bronkitis, flu, daya tahan tubuh yang lemah, pneumonia, dan bahan kimia. Mungkin kebanyakan orang akan segera mencari antibiotik untuk mengobati penyakit ini, namun sebenarnya Anda dapat mencoba pengobatan alami menggunakan tanaman lidah buaya.

Manfaat Lidah Buaya Untuk Radang Tenggorokan


Manfaat Lidah Buaya Untuk Radang tenggorokan

Biasanya gejala penyakit radang tenggorokan merupakan pertanda penyakit lain seperti flu atau pilek. Ada dua macam jenis penyakit radang tenggorokan, yaitu radang tenggorokan akut dan radang tenggorokan kronis. 
  • Radang tenggorokan akut merupakan penyakit radang tenggorokan yang masih baru dengan gejala nyeri tenggorok dan kadang disertai demam dan batuk. 
  • Sedangkan radang tenggorokan kronis merupakan penyakit radang tenggorokan yang sudah berlangsung dalam waktu yang agak lama. Biasanya gejala radang tenggorokan kronis tidak disertai dengan nyeri menelan, hanya terasa ada sesuatu yang mengganjal didalam tenggorokan.
Jika Anda mengalami gejala seperti diatas, dapat mengatasinya menggunakan tanaman lidah buaya. Berikut ini bahan dan cara membuatnya seperti yang dikutip dari lifestyle.okezone.com.

Bahan:
  • Satu helai lidah buaya
  • 1 sdm madu murni
Cara membuat dan memakainya:
  • Kupas dan cuci bersih satu helai daun lidah buaya diatas. Kemudian potong-potong isinya atau diblender.
  • Setelah itu tambahkan satu sendok makan madu murni. 
  • Minum campuran kedua bahan tersebut tiga kali sehari. 
Dengan istirahat yang cukup dapat membantu Anda untuk menyembuhkan penyakit radang tenggorokan tersebut. Sebaiknya hentikan aktivitas yang berkaitan dengan pita suara misalnya berteriak, bernyanyi atau berisik. Karena dengan memaksa Anda menggunakan pita suara berlebih justru akan memperparah penyakit radang tenggorokan Anda. Selain dimanfaatkan dalam dunia kesehatan, ternyata lidah buaya juga bagus untuk perawatan kecantikan. Salah satunya adalah manfaat lidah buaya untuk memutihkan kulit. Selamat mencoba manfaat lidah buaya untuk radang tenggorokan diatas dan semoga bermanfaat.